Sunday, August 11, 2013

Tips Sehat Buat Gamer Yang Sering Begadang

Kata begadang tentu tak pernah terlepas dari kehidupan gamers. Mungkin hal ini sangat cocok diungkapkan untuk mereka-mereka yang disebut hardcore player. Namun sesungguhnya begadang itu sendiri tidak baik untuk kesehatan dan semua sudah mengetahuinya. Menurut ilmu kesehatan sendiri, begadang dapat menyebabkan penyakit seperti kanker hati, penuaan dini, atau bisa juga mengurangi imun dalam tubuh yang dapat menyebabkan seseorang menjadi sakit.

Sesungguhnya begadang itu sendiri bisa menjadi tidak berbahaya jika seseorang yang begadang tersebut mengerti hal-hal apa saja yang sesungguhnya dapat tetap menjaga kebugaran tubuhnya dengan baik. Lalu bagaimanakah caranya agar dapat tetap bermain game sampai malam dan tetap sehat? Berikut beberapa tips sehatnya;


Kebutuhan untuk tidur

Tips Sehat Buat Gamer Yang Sering Begadang

Meskipun sering begadang, kebutuhan untuk tidur tentu menjadi satu alasan penting untuk kesehatan. Jangan sampai ada gamers yang benar-benar tidak tidur di hari-harinya. Setiap gamer membutuhkan waktu tidur setidaknya 4 hingga 5 jam sehari. Waktu tidur tersebut dapat digantikan pada malam hari atau dini hari setelah gamer tersebut begadang. Setidaknya waktu yang sebentar tersebut bisa mengembalikan kesegaran tubuh saat gamer terbangun lagi nanti.


Nutrisi


Asupan nutrisi juga menjadi salah satu faktor penting untuk gamers yang sering begadang. Nutrisi yang dimaksud tentu bukan sekedar vitamin atau obat penambah darah saja, namun berbagai asupan penting untuk tubuh juga harus diperhatikan agar tetap bisa menjaga kebugaran. Berbagai nutrisi tersebut seperti protein, mineral dan lain hal sejenisnya.


Olahraga


Tentu ini akan menjadi hal yang menyebalkan untuk gamers. Namun mau bagaimana pun juga jika ingin menjadi gamers yang sehat, jangan pernah lupakan olahraga. Olahraga tak harus melakukan sesuatu yang besar seperti lari Marathon, sepak-bola dan lain hal, namun dapat melakukan olahraga ringan saja. Meski hanya berdurasi setengah jam saja, dengan olah raga maka kesegaran badan akan tetap terjaga, badan tidak menjadi mudah pegal atau lemas.


Hindari Rokok dan Alkohol


Meminum minuman beralkohol tentu hanya akan memberikan dampak buruk kepada gamers yang sering begadang, terlebih juga jika ditambah dengan rokok. Jadi sebisa mungkin gamers harus menjauhi hal-hal yang seperti itu. Daripada harus mengkonsumsi alkohol lebih baik begadang diimbangi dengan memperbanyak minum air putih, ini akan lebih berguna untuk tubuh dibandingkan dengan alkohol. 

No comments:

Post a Comment