Sunday, January 20, 2013

Apple Akan Menghapus Semua Aplikasi Berbayar Di App Store?


Menanggapi berbagai isu yang datang belakangan ini, seperti Apple sangat santai dan tidak ambil pusing. Setelah beberapa waktu lalu isu bahwa iPhone murah yang akan di keluarkan Apple ternyata Hoax, akhirnya Apple pun mengambil suatu langkah yang juga masih merupakan sebuah rencana. Apple sebagai perusahaan yang bisa dibilang merupakan perusahaan paling sukses saat ini kabarnya akan menghapuskan semua aplikasi berbayar yang ada di App Store. Wah mengapa demikian?

Apple Akan Menghapus Semua Aplikasi Berbayar Di App Store?

Belakangan ini sob App Store mencetak sejarah baru yang belum pernah terjadi loh. Pasalnya jejeran top 10 Aplikasi terbaik dan terlaris yang bertengger di App Store semuanya merupakan aplikasi gratis loh. Lucunya tidak ada satupun aplikasi berbayar yang nongol di jajaran top 10 aplikasi tersebut dimana tentu saja pastinya aplikasi berbayar tersebut mempunyai fitur yang lebih lengkap dibandingkan aplikasi lain yang gratis pada umumnya. Well, memang nih sob sejak pertama kali App Store di luncurkan, semua aplikasi yang ada dan dihadirkan semua berbayar. Bahkan sampai akhir tahun 2012 lalu aplikasi berbayar ini juga masih mendominasi jejeran top 10 aplikasi terlaris dan terbaik. 
Hal ini merupakan yang pertama kali dalam sejarah App Store saat ini. Memang nih sob belakangan ini beberapa aplikasi gratis sudah mempunyai fitur yang cukup sama dengan aplikasi berbayar lainnya. Beberapa pengembang software tersebut tentu saja ini mengenalkan produk mereka walaupun memasang dengan harga gratis. Fenomenal akan masyarakat yang tentu saja ingin "Gratisan" semakin memicu meningkatnya jumlah aplikasi gratis yang berkembang saat ini. Tapi biarpun berbayar, tentu saja para developer dan vendor mempunyai trik tersendiri untuk mendapatkan uang sob. Pastinya didalam aplikasi gratis ini disisipkan aplikasi in-app didalamnya. Dimana pada aplikasi in-app ini para vendor lebih menghasilkan keuntungan ketimbang merilis aplikasi yang sepenuhnya berbayar.


Saat ini para developer terkemuka telah menemukan cara untuk memisahkan jumlah download dari generasi pendapatan dengan menciptakan game gratis yang menarik penggemar mereka untuk terus membayar fitur in-app tersebut. Memang awalnya game tersebut bisa dikatakan sebuah "Trial" dan dapat di donwload secara gratis di App Store, tapi lama kelamaan pastinya kita merasa seru dan tertarik untuk memainkannya bukan? Well, dari sinilah sang Developer menyediakan edisi berbayar yang lengkap dan sangat menggoda. Pastinya kita sebagai pemain game tersebut merasa penasaran donk dan langsung membeli game tersebut walaupun berbayar. Is that true guys?

So, dengan sejarah dan fenomena yang terjadi saat ini dimana aplikasi berbayar mendominasi jejeran top 10 di App Store apakah Apple akan menghapuskan jejeran aplikasi berbayarnya? Kita tahu nih sob bahwa aplikasi yang juga sangat tenar saat ini WhatsApp merupakan fitur berbayar di iOS, sedangkan WhatsApp di Android merupakan aplikasi gratis yang dengan mudah kita donwload. Bukankah lebih mudah jika aplikasi tersebut gratis jadi kita semua bisa memakainya, ya kan sob? Well, what's your opinion? Free App in App Store?

No comments:

Post a Comment