Tuesday, March 19, 2013

Awas! Banyak Aplikasi Palsu di Google Play Store!


Android memang terbilang cukup rawan terhadap malware, hal seperti ini juga sudah pernah diungkapkan oleh salah satu marketing dari Apple beberapa waktu yang lalu pada saat-saat detik menyambut peluncuran Samsung Galaxy S4. Sudah bukan rahasia umum lagi kalau banyak developer jahil yang menyelipkan virus ke dalam aplikasi, apalagi kita ketahui kalau setiap orang bebas untuk bergabung dalam pengembangan aplikasi di Android. Jika beberapa waktu yang lalu pemberitaan tentang malware pada aplikasi .apk, kali ini cukup menghebohkan! Ternyata masih banyak aplikasi palsu yang datang pada Google Play Store.

Awas! Banyak Aplikasi Palsu di Google Play Store!

Sebelumnya kejadian seperti ini memang sudah kerap terjadi. Seperti yang pernah diberitakan di berbagai media, kalau dulu sebuah game terkenal seperti Angry Birds pun juga pernah dipalsukan. Untuk gamer tampaknya harus lebih berhati-hati lagi, karena baru saja dikabarkan kalau ada sebuah game palsu lagi yang kemungkinan mengandung malware yang tertera di Google Play. Aplikasi tersebut adalah aplikasi game yang bernama Temple Run: OZ dan Subway Surfers! Aplikasi yang banyak diunduh dan cukup terkenal.


Aplikasi berbahaya ini menyamar sebagai game versi gratis di Google Play Store, meski untuk game Subway Surfers asli memang gratis. Namun ketika kedua game palsu ini mengarahkan pengguna untuk mendownload, maka aplikasi akan menginstal malware. Kalian dapat melihat keasliannya melalui disclaimer yang ada di bagian bawah halaman. Sayangnya aplikasi palsu ini malah mendapat rating yang tinggi dan review yang baik di Google Play. Jadi jika kalian ingin mendapatkan game ini, diharapkan ketelitian lebih mendalam agar tidak salah mendapatkan game yang palsu.


Berpikirlah dua kali jika untuk mengunduh game ini, kalau memang disitu benar-benar tertera game tersebut secara resmi dibuat oleh publisher yang memang tertera nama mereka disana, kalian bisa mengunduhnya dengan yakin. Namun jika memang masih belum yakin, masih berani melakukan instalasi?

No comments:

Post a Comment