Sunday, March 3, 2013

Dianggap Gagal, Lagi-Lagi Yahoo Menutup Banyak Aplikasinya!


Yahoo merupakan salah satu raksasa internet terbesar yang ada didunia saat ini. Berbagai aplikasi yang tengah ada saat ini di internet merupakan hasil buatan Yahoo, seperti Email, YahooMessenger, Geocities, dll, Tapi seiring berjalannya waktu, layanan tersebut ternyata semakin ditinggalkan orang para penggunanya, dan membuat aplikasi tersebut terpaksa ditutup. Aplikasi seperti GeoCities, Yahoo!Messenger Public Chat Rooms dan beberapa lainnya. Selain menutup layanan yang dianggap gagal, lagi-lagi Yahoo kembali menutup 7 layanan yang dianggapnya gagal dan tidak lagi menghasilkan keuntungan.

Dianggap Gagal, Lagi-Lagi Yahoo Menutup Banyak Aplikasinya!

Sebelumnya jika kita sedikit mengingat-ngingat lagi kebelakang, sekitar tahun 2009 silam, Yahoo dikabarkan telah menutup layanan situs web hosting mereka bernama GeoCities. Maju lagi ke penghujung tahun 2012 kemarin, karena dianggap semakin berkurangnya user dan peminat dari layanan unggulannya yaitu Yahoo Messenger, Yahoo juga telah menutup beberapa layanan yang ada di aplikasi layanan Yahoo!Messenger seperti Yahoo Messenger Public Chat Rooms, Pingbox dan Voice Phone In and Phone Out. Setelah kelamnya penutupan aplikasi tersebut, kali ini pada tahun 2013, Yahoo kembali menutup 7 aplikasinya. Produk yang ditutup itu termasuk aplikasi BlackBerry Yahoo dan Sports IQ. Jarangnya user yang menggunakan Aplikasi yahoo pada BlackBerry ini membuat Yahoo kembali menutup layanan tersebut. Meski masih ada beberapa orang yang memakai fitur ini, jika kalian masih memakainya, Aplikasi ini masih akan tersedia bagi kalian nih sob yang sudah mengunduh, tapi sayangnya dukungannya telah dihentikan.

Selain aplikasi Blackberry dan Sports IQ, Yahoo menutup beberapa layanan aplikasi diantaranya adalah Yahoo Avatar, Yahoo Message Boards, produk beta Yahoo Clues, Yahoo App Search, dan Yahoo Updates API.“Pada akhirnya, kami membuat perubahan ini sebagai upaya mempertahankan fokus. Dengan terus mempertajam pengalaman dan produk inti kami, kami akan membuat produk yang telah ada jadi yang terbaik," kata Jay Rossiter, Yahoo Executive Vice-president. Untuk menghindari kebangkrutan, kali ini Yahoo akan fokus ke beberapa layanan yang masih ada dan mempunyai user yang sangat banyak hingga saat ini. Keseriusan Yahoo dalam menutup beberapa aplikasi yang dinilai tidak lagi menghasilkan keuntungan ternyata memang terlihat dari tahun 2009 lalu. Sebagai raksasa internet, Yahoo memang penuh dengan perhitungan apalagi sekarang perusahaan ini dipandu oleh bos baru yang serba perfeksionis.



Penutupan pada 7 aplikasi ini tentu saja membawa dampak yang cukup merugikan bagi para user. Fitur yang awalnya memang kita dulu sering gunakan seperti Pulbic chat room di Yahoo Messenger, sekarang telah dihentikan. Dukungan pada blackberry juga telah dihapus sehingga tidak akan ada lagi update maupun perbaikan pada aplikasi tersebut. Seperti yang dituliskan Yahoo EVP of Platforms Jay Rossiter, Yahoo melakukan hal ini semata-mata ingin mengembangkan platform website dan segala produk di dalamnya mengikuti perkembangan teknologi sekarang ini.

Hmm.. Semoga dengan penutupan ini Yahoo membuat aplikasi baru yang akan mengembalikan user mereka. We hope so.

No comments:

Post a Comment