Wednesday, October 15, 2014

Android 5.0 Akhirnya Secara Resmi Dirilis

Mungkin ini adalah saat yang paling dinanti-nanti oleh setiap pengguna Android di seluruh dunia. Setelah penantian cukup panjang selama berbulan-bulan, akhirnya Android 5.0 dirilis juga. Android yang sebelumnya memang selalu diperkenalkan dengan istilah Android L ini akhirnya memiliki nama yang pasti. Bukan seperti yang diisukan seperti Licorice, Lumpia atau Lontong Sayur, tapi yang tepat adalah Lollipop.

Android 5.0 Akhirnya Secara Resmi Dirilis

Android Lollipop ini sendiri saat ini baru tersedia pada 3 perangkat saja yaitu Nexus 6, Nexus 9 dan Nexus Player. Ketiga produk ini sendiri juga sejatinya diluncurkan bersamaan dengan sistem operasi terbaru dari Google ini. Untuk Nexus Player ini adalah implementasi dari konsep Android TV yang pertama kali diperkenalkan pada ajang Google I/O 2014 yang lalu.


Seperti yang dilansir The Verge via Detik, Lollipop adalah pembaruan OS Android yang mempunyai perubahan tampilan paling banyak sejak Google merilis Android 4.0 Ice Cream Sandwich. Perbedaan paling kentara antara Lollipop dan KitKat, OS Android sebelumnya, tentu adalah tampilan antarmukanya, yang berjuluk Material Design. Lollipop mempunyai animasi yang halus, desain yang lebih bersih pun warna yang lebih cerah. Tujuan utama dari penggunaan Material Design adalah menyatukan tampilan dan pengalaman pengguna dari setiap perangkat Android, baik tablet, ponsel, set top box, ataupun lainnya.

Perangkat-perangkat lain yang akan mendapatkan update Android Lollipop dalam waktu dekat ini adalah Nexus 4, Nexus 5, Nexus 7, Nexus 10 dan juga perangkat-perangkat Google Play Edition. Update ini akan didapatkan dalam jangka waktu beberapa Minggu ke depan. 

No comments:

Post a Comment