Tuesday, April 2, 2013

Waduh, Karena Gila Internet Pria Ini Minta Dirinya Sendiri Dipenjara?


Internet, saat ini menjadi suatu kebutuhan pokok yang kita. Secara tidak sadar, kebutuhan kita akan internet menjadi suatu kebutuhan pokok yang tidak bisa kita hindari. Kapanpun, dimanapun pastinya kita membutuhkan internet untuk membuat hidup kita lebih bewarna. Akses internet yang semakin mudah dan terjangkau seperti yang sekarang bisa kita akses bahkan dari mobile sekalipun membuat sebagian besar dari kita kecanduan akan internet, apalagi jika menyangkut game online. Tapi jika sudah yang namanya kecanduan tentu saja itu adalah hal yang tidak baik. Untuk menghilangkan sifat kecanduan tersebut juga tidaklah mudah dan bahkan bisa membutuhkan perjuangan yang keras. Seperti contohnya pria yang satu ini. Dia rela dirinya sendiri dipenjara asalkan dijauhi dari internet, what?!

Waduh, Karena Gila Internet Pria Ini Minta Dirinya Sendiri Dipenjara?

Perjuangan yang sangat luar biasa sekaligus aneh tersebut datang dari seorang pria asal negeri Cina. Pria asal Cina tersebut biasa dipanggil Mao. Mao adalah seorang pekerja berusia 22 tahun yang bisa dibilang gila internet. Mao mengaku bahwa dirinya sangat sulit sekali menahan keinginan untuk mengakses internet. Seperti layaknya pecandu obat-obatan, jikalau Mao tidak mengakses internet dalam sehari saja, maka perasaan gelisah, cemas dan tidak karuan akan timbul. Karena sudah tidak bisa berpikir lagi bagaimana cara menghentikan kebiasaan buruknya ini, Mao menelpon polis dan minta dipenjara karena tak kuasa menahan diri untuk mengakses internet. 
Mao menelpon polisi bukan hanya dia bingung dan tidak melakukan cara lain, sebelumnya banyak cara sudah dilakukan Mao untuk mengurangi ketergantungannya itu, tapi rasa kecanduannya dengan internet sama sekali tidak bisa hilang.0 Misalnya dengan menukar smartphone dengan feature phone tanpa kemampuan terhubung ke internet, kemudian ia rela bekerja overtime dengan tujuan tidak lagi punya waktu mengakses internet. Tapi semua langkah itu tidak membuahkan hasil. Di saat rasa ingin mengakses dunia maya memuncak, Mao kemudian menghabiskan 2 hari nonstop di salah satu bilik warnet di kawasan Hangzhou, Provinsi Zhejiang. Merasa stress dan tidak bisa berbuat apa-apa lagi, Mao kemudian menelpon polisi dan berkata "Penjarakan saya selama beberapa bulan, saya tak lagi bisa mengendalikan diri".


Sontak pihak kepolisian yang menerima telpon dari Mao tersebut terkejut dan pastinya menolak permintaan yang diajukan oleh Mao. Polisi menyarankan bahwa penyakit kecanduan Mao ini bisa disembuhkan oleh terapi dari psikiater. Setelah berkunjung ke psikiater, Mao menceritakan bahwa sebelumnya dia kecanduan game sejak tahun 2009 ketika ia pertama kali memainkan game balap online. Dari sini ia kemudian kecanduan untuk chatting dengan lawan mainnya di dunia maya. Memang saat ini di China, angka penggila game online dan pecandu internet memang kian memprihatinkan. Tidak heran orang seperti Mao banyak ditemui disana.
Tapi usahanya yang memanggil polisi itu memang terkesan gila. Pastinya rasa kecanduan yang sudah tidak bisa dibendung inilah yang membuatnya melakukan perbuatan nekat. Well, semoga saja dengan terapi ke psikiater Mao bisa sembuh. For you guys, jangan pernah berlebihan dalam mengakses internet. 

No comments:

Post a Comment