Tuesday, April 22, 2014

Selamat Ulang Tahun Yang Ke 25 Untuk Game Boy

Mungkin tidak banyak gamer sekarang yang mengetahui salah satu konsol handheld besutan Nintendo yang satu ini. Padahal konsol handheld ini sebenarnya sangat terkenal sekali di eranya dahulu. Mungkin gamer yang besar atau terlahir di tahun 1980-an ini sangat mengenal dekat dengan konsol handheld yang bernama Gameboy tersebut.

Selamat Ulang Tahun Yang Ke 25 Untuk Game Boy

Saat ini Game Boy telah berusia 25 tahun. Sebuah pencapaian yang besar yang didapatkan untuk konsol ini. Meski kehadirannya sudah jarang sekarang ini, namun tetap saja konsol ini menjadi salah satu hal yang tak dapat dilupakan begitu saja. Hari ulang-tahun dari Game Boy sendiri jatuh pada tanggal 21 April. Pertama kali diluncurkan oleh Nintendo konsol ini datang hanya untuk negara Jepang saja, yaitu di tahun 1989. Namun tak lama sesudahnya, konsol tersebut akhirnya menyebar luas ke seluruh dunia, termasuk juga Indonesia.

Game Boy yang membutuhkan tenaga baterai AA ini dahulu lebih dikenal dengan permainan yang sudah sangat melegenda yaitu Tetris. Game Boy pun seperti yang diketaui memang tidak terlalu memakan daya. Hal ini dapat dilihat dari ketahanan dalam bermain game meskipun hanya didukung dengan dua buah baterai AA tersebut.


Spesikasi dari Game Boy juga tak terbilang tinggi saat itu. Terlebih jika melihatnya dari jaman sekarang. Game Boy hanya dibekali dengan prosesor dengan kecepatan 8-bit saja. Kebutuhan RAM juga tak terlalu tinggi, yaitu hanya 8Kb, 2-bit color dan LCD display 160 x 144p. Dengan game yang tidak begitu berat, spesifikasi seperti itu tentu sudah sangat cukup. Meskipun saat ini kehadirannya sudah jarang, namun Game Boy masih sangat berkesan sebagai sebuah kenangan untuk gamers 80an. Selamat ulang yang ke 25 tahun Game Boy! 

No comments:

Post a Comment